Pembawa Damai PDF Print E-mail
User Rating: / 6
PoorBest 
Saturday, 28 August 2010 14:25

Kita mungkin sudah mengenal orang orang luar biasa yang mencoba melakukan perubahan dengan cara damai bagi kepentingan sesama manusia seperti Matatma Gandhi, Martin Luther King, Nelson Mandela, Paus Yohanes Paulus II, Corazon Aquino. Thomas More Kim Dae Jung, Aung San Suu Kyi dan lain sebagainya.  Namun tahukah anda bahwa ada seorang anak lelaki biasa dengan keterbatasan fisik yang mencoba melakukan perjuangan damainya dengan tulisan tulisannya.  Dia adalah Matti J.T Stepanek yang pernah diulas di beberapa acara TV terkenal dan salah satunya adalah di acara "Oprah Show". (1)(2)(3)(4)   Matti J.T Stepanek adalah salah satu anak luar biasa yang hati dan pikirannya mempunyai pikiran mendalam.  Orang  berkata dia mempunyai badan muda tetapi mempunyai "Old Soul". (5)(6)(7)(8)  Saya rasa memang demikian setelah membaca karya-karyanya.  Melihat dari karyanya saja, jutaan orang sudah tersentuh apalagi dengan melihat kondisi kesehatannya yang begitu membatasi aktivitas kesehariannya.  Dia mempunyai penyakit yang untuk bernafas saja harus dibantu oleh alat bantu karena dia mempunyai penyakit "Mitochondrial disease" (9).

 

Salah satu orang yang dikagumi oleh Matti adalah mantan presiden Jimmy Carter (10) sehingga ketika Matti meninggal yang membacakan kesan kesan tentang dia adalah mantan presiden itu di gereja Katolik St. Catherine Laboure .(11).  Kalau presiden Jimmi Carter terkenal dengan upaya damainya, terutama sekali perjanjian damai antara Israel dan Mesir sehingga dia diberikan penghargaan nobel perdamaian tahun 2002, Matti ingin menjadi tokoh perdamaian dengan tulisan tulisannya.

Matti mulai menulis sejak umur tiga tahun dan ketika membaca karya karyanya saya hampir tidak bisa percaya apakah ini betul dari orang yang begitu muda, namun mengalami penderitaan yang sangat, tetapi ia mencoba memancarkan semangat, iman, harapan, perdamaian dan kasih.


Beberapa karyanya adalah Reflections of a Peacemaker: A Portrait Through Heartsongs (12) dan Just Peace (13).

Inilah beberapa karyanya dalam tulisan Reflection of a Peacemaker (Refleksi Pembawa Damai) dalam pratinjau di "Google books":

A.  The Importance of Window

Didalam puisi ini Mattie ingin memberikan pentingnya jendela hati sebagai penghubung surga di bumi dan surga setelah kematian.

B.  Smile Lesson

Dia begitu muda namun sudah mengerti keindahan dan kedalaman ajaran ajaran Yesus Kristus.  Dalam kekurangan dan penderitaannya dia menemukan kekuatan dari Anak Manusia, "Jesus Kristus", Sang Raja Damai.
   

C.  The Gift of a Name

Hadiah sebuah nama.  Jika shakespeare mengatakan ada apa dalam sebuah nama, Mattie menghargai pemberian sebuah nama karena dalam nama yang diberikan terkandung arti.  Namanya Mattie yang berasal dari Matthew yang artinya pemberian Tuhan.  Joseph yang artinya "Kematian yang berbahagia dan damai.  Thaddeus yang artinya mencintai dan bersahabat.


D.  About Hope

Harapan adalah sebuah kebun yang tumbuh dari cinta dan air mata yang kalau dipelihara akan selamat dan bertumbuh bertahun tahun.

E.  About Wealth

Orang yang paling kaya adalah orang yang berteman dengan seluruh isi bumi.

F.  Thought

Cinta adalah damai yang dapat diberikan kapan saja.
   
G.  Grasp of Truth

Jika anda mempunyai nafas untuk mengeluh untuk segala hal maka anda mempunyai cukup alasan untuk mengucap syukur tentang sesuatu.

H.  The Singing of Crickets
   
Dengarkan nyanyian hati sekarang.. hiduplah dalam keadaan sekarang dan mengucap syukur atas segala hal.  Saya cinta dunia dan segala isinya.  Ada seorang menulis sebuah buku yang menekankan pentingnya waktu sekarang.  Tetapi inti satu buku itu dapat diringkas oleh Matti dengan puisinya "Nyanyian Jangkrik Jangkrik"

I.  Key To America (Kunci untuk Amerika) :

·  Kunci untuk Kesuksesan adalah mengenal simbol simbol : (mungkin yang dimaksud Matti adalah "In God We Trust" , "E Pluribus Unum")

·  Kunci didalam hati : tanah untuk orang yang merdeka dan pemberani.

·  Kunci yang masih menunggu adalah Perdamaian dengan dunia.

Rasa rasanya ketiga kunci yang dimaksud oleh Matti bukan hanya dibutuhkan oleh negara Amerika saja tetapi juga oleh semua negara.

Masih banyak lagi karya karyanya luar biasa dimana kedalaman pengertiannya bukan dilahirkan dari pikirannya saja tetapi dari pengalaman pengalaman hidupnya- atau bisa dikatakan dari penderitaannya. Inilah salah satu orang yang berkhotbah dengan keteladanan hidupnya.  Berjuta khotbah yang sempurna tidak akan mampu menggerakan hati dibandingkan dengan keteladan hidupnya.   Jika ia yang mempunyai begitu banyak keterbatasan dan masih mempunyai iman, harapan dan kasih, dan masih bisa selalu bersyukur  bagaimana dengan kita yang jauh lebih beruntung dimana kita masih bisa bernafas dengan bebas tanpa bantuan alat apapun- kita selayaknyalah harus lebih bisa bersyukur daripada Matti.

Inilah komentar dari Larry King (pembawa acara Larry King Live di CNN)

Malam ini, satu jam yang akan merubah hidup anda. Itu telah merubah hidup saya.  Di waktu ketika dunia dalam peperangan, anak ini lebih masuk akal daripada pemimpin pemimpin dunia.  Nama sebenarnya adalah Matthew Joseph Thaddeus Stepanek.  Kami ingin memanggilnya Mattie.  Dia mulai menulis puisi ketika berumur tiga tahun.  Betul betul anak yang luar biasa.. berjuang dari penyakit yang tidak tersembuhkan.  Merayakan kehidupan setiap harinya. Puisi yang terjual paling banyak.  Yang akan menjadi pembawa damai... menginspirasikan jutaan dengan pesan harapan. Dia akan mematahkan hatimu dan melambungkannya dalam waktu yang bersamaan.  Mattie JT Stepanek telah menjadi legenda Amerika.

Lihat juga acara Larry King disini: Mattie on Larry King (14)

Inilah komentar dari mantan presiden Jimmy Carter:

"My wife and I have been to more than 120 nations.  And we have known kings and queens, and we've known presidents and prime ministers, but the most extraordinary person whom I have ever known in my life is Mattie Stepanek."

"Isteri dan Saya telah pergi ke 120 negara.  Dan kami telah mengenal raja raja dan ratu ratu, dan kami telah mengenal presiden presiden dan perdana menteri perdana menteri, tetapi orang yang paling luar biasa yang pernah saya kenal dalam kehidupan saya adalah Mattie Stepanek."


Dokter memprediksi kehidupan singkat Mattie dalam wawancara dengan Larry King (15)

The doctors didn't think I would live one day, but I did. So they said, OK, he's not going to last six months. I did. Then they said, OK, we're drawing the line at 2-years-old, three years, or he's going to die by then, and you might as well let him go now. And my mom said, no. I'm going to train this spirit. So I lived to be two, and they said, OK, five, five, five is it. Then I lived to be five, and then they said 10. And here I am, an 11-year- old. So now they're saying teens or some time as a young adult, but I plan to be 101.


Dokter dokter tidak berpikir bahwa saya bisa hidup satu hari, tetapi saya bisa.  jadi mereka berkata, dia tidak akan hidup dalam enam bulan. Saya bisa.  Kemudian mereka berkata, kami akan menarik batas 2 tahun, 3 tahun, atau dia akan meninggal setelah itu, dan kamu biarkan saja dia untuk sekarang.  Dan ibu saya berkata, tidak, Saya akan melatih semangatnya.  Jadi saya bisa hidup sampai 2 tahun, dan mereka berkata lima, lima, lima lah akhirnya.  Kemudian saya hidup sampai umur lima tahun,  Kemudian mereka berkata sepuluh.  Dan disini saya sekarang, 11 tahun.  Jadi sekarang mereka berkata umur puluhan atau mati muda, tetapi saya merencanakan hidup sampai 101 tahun.

Jika menghubungkan karya karyanya dengan Sang Raja Damai Tuhanku Yesus Kristus, maka karya Mattie ini dapat dilihat diayat.

Matius 5:9 Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah.
Mazmur 8:3 Dari mulut bayi-bayi dan anak anak yang menyusu telah Kau letakan dasar kekuatan karena lawan-Mu, untuk membungkamkan musuh dan pendendam.

Jika menghubungkan puisinya yang berjudul "The Gift of a Name" dengan nama saya Joel, saya sedikit merinding.  Mengapa demikian karena nama Joel akan dihubungkan dengan "Hari Tuhan" (16)

Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan.  Juga ke atas hamba-hambamu laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu.  Aku akan mengadakan mujizat-mujizat di langit dan di bumi: darah dan api dan gumpalan-gumpalan asap.  Matahari akan berubah menjadi gelap gulita dan bulan menjadi darah sebelum datangnya hari TUHAN yang hebat dan dahsyat itu.  Dan barangsiapa yang berseru kepada nama TUHAN akan diselamatkan, sebab di gunung Sion dan di Yerusalem akan ada keselamatan, seperti yang telah difirmankan TUHAN; dan setiap orang yang dipanggil TUHAN akan termasuk orang-orang yang terlepas.

Sebarkan pesan damai dari Matti J.T Stepanek untuk merealisasikan cita cita damainya.

Joel HH


(1).  http://www.oprah.com/slideshow/oprahshow/20081117_tows_spirit/18
(2).  http://www.oprah.com/media/20081025_tows_mattie
(3).  http://www.oprah.com/slideshow/spirit/inspiration/20081024_tows_mattie
(4).  http://www.oprah.com/slideshow/oprahshow/20081117_tows_spirit/18
(5).  http://www.myhero.com/myhero/hero.asp?hero=mattiestepanek
(6).  http://en.wikipedia.org/wiki/Mattie_Stepanek
(7).  http://www.mattieonline.com/
(8).  http://transcripts.cnn.com/TRANSCRIPTS/0302/17/lkl.00.html
(9).  http://en.wikipedia.org/wiki/Dysautonomic_mitochondrial_myopathy
(10). http://id.wikipedia.org/wiki/Jimmy_Carter
(11). http://www.cartercenter.org/news/documents/doc1791.html
(12). http://books.google.co.id/books?id=4RtPxfFM2LwC
(13). http://books.google.co.id/books?id=ViF0BCRUQRcC&pg=PA166#v=onepage&q=&f=false
(14). http://www.youtube.com/watch?v=NK7vAkMLp48
(15). http://transcripts.cnn.com/TRANSCRIPTS/0205/19/lklw.00.html
(16). Alkitab Joel 2.28-32 

Last Updated on Monday, 13 September 2010 13:32